Rabu, Agustus 12, 2020

Sikap Dasar Kelas Pejuang dan Penerapannya

Menyaksikan kerja keras dan perjuangan para pejuang relawan Kelas Pejuang serta para guru dan kepala sekolah yang terlibat di dalamnya, maka di bawah ini dirumuskan pelajaran tentang sikap dasar terbaik agar kegiatan dan tujuan Kelas Pejuang dapat tercapai.

ARRAHMAN & ARRAHIM

Allah memiliki sifat Dzat Maha Pengasih dan Maha Penyayang, maka dari itu kita juga harus memiliki sifat penyayang dan pengasih tersebut. Kita harus menyayangi dan mengasihi sesama manusia, atau hewan, dan tumbuhan. Kita juga harus menyayangi dan mengasihi Allah SWT. dengan cara beriman dan bertaqwa kepada-Nya. Kita diciptakan oleh Allah SWT. itu merupakan sebuah anugerah dan rasa sayang-Nya kepada kita semua, maka itu kita wajib beriman kepada-Nya.

IKHLAS

Siapapun yang tergak dan terlibat mengikuti gerakan kegiatan ini musti didasari dengan keihklasan dengan penuh kerelaan hati. Mereka terlibat tanpa paksaan, baik sekolah maupun relawan pejuangnya

BEBAS KEPENTINGAN

Gerakan ini bebas dari relasi dengan institusi perusahaan/lembaga tempat pegiat bekerja, hubungan dengan motif pemasaran perusahaan dan berbagai kepentingan nonpendidikan yang tidak relevan. Satu-satunya kepentingan yang ada adalah demi tertananamnya sifat-sifat kebaikan dan masa depan anak-anak Indonesia.

TANPA BIAYA

Tidak ada biaya, yang dipungut dari pihak pejuang relawan, sekolah, atau manapun. Tidak juga melibatkan pendanaan dari perusahaan atau lembaga lain. Satu-satunya pendanaan yang mungkin hanyalah sedekah atau pemberian ikhlas dari pejuang relawan

SALING BELAJAR

Bersikap terbuka dan saling belajar, baik sekolah, pejuang relawan dan semua pihak yang terlibat. Relawan terbuka belajar khususnya bagaimana mengajar di depan kelas, sekolah juga terbuka dengan masukan dari relawan khususnya tentang penyelenggaraan kegiatan ini.

AMBIL AKSI LANGSUNG

Para pejuang dan juga pihak sekolah selalu siap turun tangan langsung, fokus pada aksi dan dampak bagi siswa dan kemajuan sekolah. Kesiapan turun tangan juga dibuktikan dengan siap mengambil cuti pada hari H dan siap untuk berkorban menyiapkan berbagai hal sebelum hari H.

SIAP BERSILATURAHMI

Terbuka untuk membangun silaturahmi, baik pejuang relawan maupun sekolah. Pejuang Relawan dan sekolah terbuka, saling rendah hati dan tulus untuk terus menjalin silaturahmi demi kemajuan sekolah dan pendidikan bersama.

TULUS

Semua pihak percaya bahwa ini bukan tentang diri pejuang relawan, bukan tentang para pengurus sekolah tetapi demi anak-anak Indonesia yang akan lebih banyak lagi membiasakan diri dalam perbuatan baik, lebih percaya diri dan siap berjuang menyongsong cita-cita mereka.